10 Maret 2014

Setting VPN Untuk Android





Aplikasi VPN untuk android memang banyak bertebaran di google, akan tetapi setiap aplikasi yang anda pasang akan mengkonsumsi memori dari gadget tersebut, memang konsumsi memori yang dipakai oleh aplikasi ini beragam, mulai dari sedikit sampai banyak memakan bandwith memori.

VPN pada Android memiliki berbagai kegunaan, termasuk men-download aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda, mengenkripsi browsing Anda pada Wi-Fi publik, atau hanya menghubungkan ke jaringan perusahaan anda.

OpenVPN Networks & VPN Apps

Android tidak mendukung untuk server OpenVPN secara terintegrasi. Jika Anda menggunakan jaringan OpenVPN, Anda akan perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. OpenVPN Connect, aplikasi resmi OpenVPN itu, bekerja pada OS Android 4.0 dan lebih tinggi dan tidak memerlukan root. Untuk tersambung ke jaringan OpenVPN pada perangkat yang menjalankan Android 2.3 atau lebih tua, Anda akan perlu untuk upgrade OS/ Gadget Anda.




Tergantung pada VPN yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu aplikasi VPN dedicated apabila VPN tidak didukung oleh VPN yang terintregasi Android. Sebagai contoh, TunnelBear menawarkan sebuah aplikasi Android yang menangani koneksi VPN TunnelBear.



Dukungan Integrated VPN ( VPN yang terintegrasi)



Android telah memiliki VPN terintergasi untuk PPTP dan L2TP VPN. Anda dapat terhubung ke jenis VPN tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga. Untuk menyambung ke VPN yang kompatibel, buka aplikasi Settings dan sentuh Lainnya di bawah Wireless & networks. (Pada Android 2.3, sentuh Nirkabel & jaringan.)

Tekan opsi VPN pada layar Wireless & networks. (Pada Android 2.3, sentuh Setelan VPN.)



Tekan tombol + dan memberikan rincian VPN. Masukkan nama untuk membantu Anda mengingat yang VPN adalah yang ke bagian Nama, pilih jenis server VPN Anda terhubung ke, dan masukkan alamat server VPN (baik alamat seperti vpn.example.com atau alamat IP) .



Tekan VPN untuk menghubungkan setelah Anda telah mengaturnya. Anda dapat memiliki beberapa server VPN dikonfigurasi dan memilih server yang lain dari layar VPN.

Anda akan membutuhkan username dan password VPN Anda memerlukan ketika Anda terhubung. Namun, Anda dapat menyimpan informasi akun ini untuk di lain waktu anda mengaksesnya.



Sewaktu tersambung ke VPN, Anda akan melihat notifikasi "VPN diaktifkan" dalam area notifikasi Anda. Untuk memutuskan sambungan, sentuh pemberitahuan dan sentuh Disconnect.



Always-On VPN Mode

Android 4.2 ada pilihan untuk mengaktifkan always-on mode VPN. Bila opsi ini diaktifkan, Android mengalihkan semua data yang akan dikirim dan diterima melalui VPN. Hal ini dapat berguna jika Anda menggunakan Wi-Fi publik dan ingin memastikan VPN Anda selalu digunakan.

Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda harus terlebih dulu tersambung ke VPN dan menyimpan informasi account Anda. Anda kemudian akan menemukan pilihan di bawah tombol menu.



Sekali lagi, fitur ini hanya ditawarkan di Android 4.2, sehingga Anda tidak akan melihatnya jika smartphone atau tablet menggunakan versi android lama.

Untuk layanan server VPN gratis anda bisa mencarinya melalui google dengan kata kunci "Free VPN", biasanya banyak yang muncul, tinggal pilih sesuai yang anda inginkan, server, speed dan sebagainya yang sesuai dengan keinginan anda, setelah mendapatkan server, username dan password silahkan setting seperti di atas.
Disqus Comments